Perang Ayam


agen sabung ayam terpercaya CLIFFORD Geertz datang dalam suatu desa kecil di Bali awal April 1958 bersama-sama istrinya, Hildred Geertz. Untuk antropolog, mereka dengan maksud mempelajari budaya serta warga disana. Di hari ke-10 lawatan, mereka ke pojok desa yang terselinap. Disana, beberapa puluh orang sudah bergabung. Beradu ayam tengah digelar. Geertz serta istrinya melihat dengan cermat. Mendadak seorang berteriak: “Polisi, polisi!” Beberapa orang berlarian. Tidak kecuali Geertz serta istrinya.

situs sabung ayam gila Geertz tuangkan pengalamannya dalam karyanya “Deep Play: Catatan on the Balinese Cockfighting”, terdapat dalam Intrepetation of Cultures. Karya itu kupas faktor antropologis beradu ayam (tajen) di Bali. Geertz mengutarakan, untuk beberapa lelaki Bali, tajen jadi lambang maskulinitas. “Pada ajang situs sabung ayam indonesia , yang nampak bertanding memang ayam, tetapi ayam-ayam itu adalah perwakilan dari golongan pria di Bali,” catat Geertz. Tetapi polisi berasumsi lain. Tajen ialah judi. Kriminil. Jauh dari arah awalannya.

agen sabung ayam terpercaya Dalam tenggang riwayat Bali,sabung ayam indonesia tertera dipraktikan warga Bali semenjak era ke-10. Prasasti Sukawana berisi info ritual keagamaan (yadnya) yang memicu tajen. Setelah itu, dalam Prasasti Batur Abang (1011) terjabar info berkaitan tajen. Menurut Andrik Hendrianto dalam “Perjudian Sabung Ayam di Bali”, tesis pada Kampus Indonesia, beradu ayam tidak membutuhkan izin dari faksi berkuasa seperti raja. Tetapi ritual ini tidak bisa dilaksanakan sembarangan.

situs sabung ayam gila Saat itu, warga menempatkan taji (tajen) atau benda tajam di kaki salah satunya ayam jantan yang diadu. Untuk ayam yang lain cuma terpasangkan bambu atau kayu di kakinya. Pertempuran ayam dalam ritual itu disebutkan perang seta. Maksudnya supaya ada ayam yang mati hingga darahnya membasahi bumi.

agen sabung ayam terpercaya Darah tersebut lantas digabung dengan tiga jenis cairan berwarna: putih (tuak), kuning (arak), serta hitam (berem). Percampuran ini untuk lambang pengingat supaya umat manusia jaga kesetimbangan bhuwana alit (manusia) dengan bhuwana agung (semesta). Ritual keagamaan ini disebutkan tabuh rah.

Simak juga: Bali Sebelum Dikendalikan Majapahit

sabung ayam online dalam Tabuh rah bukan arah penting. bursa sabung ayam online cuma jadi salah satunya langkah menabuhkan (tuangkan) darah ayam. Dengan begitu, ayam sebenarnya tidak diadu serius. Tabuh rah dapat dikerjakan tanpa ada mengadu ayam. Untuk alternatifnya, orang langsung dapat menyembelih ayamnya. Info ini terdapat dalam Prasasti Batuan (1022).

Walau di pedesaan sabung ayam indonesia diperuntukkan untuk ritual keagamaan, raja-raja di Bali mempunyai hak spesial mengadakan beradu ayam tanpa ada arah sakral. “Di pusat-pusat istana, hal tersebut adalah hak spesial raja seperti acara-acara beradu hewan yang lain,” catat Anthony Reid dalam Asia Tenggara Dalam Periode Niaga. Mereka menggelar beradu ayam untuk kesenangan pribadi –seringkali dengan bertaruh sesuatu– serta lambang kebesaran raja. Tidak bingung, ayam jadi hewan kesukaan raja-raja di Bali. Situasi semacam ini berjalan juga di luar Bali, khususnya di Jawa.

Di Jawa, sabung ayam terpercaya 2020 dicari lewat cerita-kisah sastra yang ambil latar waktu Kerajaan Jenggala (1042). Menurut Mariana Anggraeni dalam skripsinya pada Kampus Indonesia, “Inti serta Peranan Permainan Sabung Ayam dalam Serat Jago”, cerita yang tersohor tentang bandar sabung ayam terpercaya 2020 diketemukan dalam cerita Cindelaras.

Narasi Cindelaras bercerita anak yang dibuang bersama-sama ibunya ke rimba. Saat besar, ia ingin menunjukkan jika ia anak raja sebelumnya. Raja yang berkuasa, Raden Putra, tidak lalu yakin. Raja ajak Cindelaras mengadu ayam. Bila Cindelaras menang, baru raja yakin. Sedang bila raja menang, Cindelaras harus dipancung.

Cindelaras tidak keberatan. Kedua-duanya mengadu ayam terbaik. Saat itu, tidak sembarangan orang dapat memiliki ayam paling baik. Selesai pertempuran, ayam Cindelaras keluar untuk juara. Raja juga yakin. Cerita ini memvisualisasikan spekulasi manusia. Ada yang dipertaruhkan dalam sabung ayam indonesia di Jawa semenjak beratus-ratus tahun yang lalu. Semakin jauh, beradu ayam tetap jadi permainan terbatas untuk golongan raja serta orang spesifik.

error: Content is protected !!